SEBUAH SENI DALAM PENDIDIKAN

 

SEBUAH SENI DALAM PENDIDIKAN 

(Oleh :Agustina Linda, S.Pd)

   “Musik adalah bahasa yang universal”. Musik merupakan media yang dapat mengungkapkan ekspresi berupa perasaan/emosi. Dalam keseharian, musik jadi wakil tersendiri ketika kita sedih, senang, gundah, bingung, takut, marah, dan bahagia. Musik tidak segan memberi kita ruang untuk berekspresi. Tidak ada manusia yang tidak menyukai musik. Musik membawa angin revolusi. Musik memberi kita perubahan. Musik adalah inspirasi yang mengiringi setiap hari. Musik memberi kehidupan. Memberi kawan juga kenangan.


      Karya seni dari ungkapan ekspresi musik dapat berbentuk musik vocal, instrument serta gabungan vocal dan instrument. Alunan musik memberikan pengaruh terhadap suasana hati seseorang. Alunan musik dapat menimbulkan berbagai reaksi psikologis, seperti : dapat menghilangkan rasa stress, dapat menimbulkan perasaan tenang serta dapat memperbaiki suasana hati. Melalui music kita dapat mengaktualisasi potensi diri. Melalui musik juga kita dapat mengungkapkan perasaan maupun emosi, pikiran, gagasan dan cita-cita.

       Seni adalah kemampuan membuat sesuatu dalam hubungannya dengan upaya mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Sedangkan musik adalah seni yang menggunkan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

      Seni musik adalah suatu cabang seni yang menggunakan musik sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi. Pentingnya pendidikan seni musik disekolah karena pendidikan seni musik bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berekspresi, berapresiasi, berkreasi, membentuk harmoni dan menciptakan keindahan. Dengan demikian, mereka dapat membekali diri dengan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang dapat mereka gunakan untuk membantu memecahkan permasalahan hidup sehari- hari.

       Pendidikan seni musik diharapkan mampu memfasilitasi dan mengakomodir keberagaman masing-masing individu peserta didik maupun keragaman budaya masing-masing daerah, serta budaya nasional dalam rangka menyikapi arus globalisasi. Pendidikan seni music dapat merangsang peserta didik untuk berkreativitas, yaitu kreatif dalam berkreasi dengan berbagai alat musik atau suara vocal yang dimiliki. Aktivitas-aktivitas demikian tidak hanya membentuk kreativitas dibidang seni music saja, tetapi dapat mengembangkan pola piker kreatif yang sangat berguna untuk menjalani hidup di masa depan.

Komentar